Home » , » Contoh Essai "Peranku Bagi Indonesia"

Contoh Essai "Peranku Bagi Indonesia"


Ditinggal beberapa pekan untuk menyiapkan ujian akhir semester rupanya email saya sudah membludak dengan permohonan contoh essai dan study plan beasiswa LPDP. Dan tak mungkin saya membalasanya satu per satu karena sangat buaaanyak :'(. So untuk memudahkan rekan-rekan calon awardee LPDP membuat essai, saya copy-kan saja disini contoh essainya. Semoga bermanfaat. Mohon maaf atas keterbatasan saya untuk membalas email satu per satu. Bagi yang mau bertanya-tanya dipersilahkan mempergunakan kolom komentar di tulisan ini mengingat kolom komentar di tulisan yang paling banyak dicari sudah overload. 

Peranku Bagi Indonesia

Tidak ada bangsa yang sejahtera dan dihargai bangsa lainnya tanpa kemajuan ekonomi. Kemajuan ekonomi akan dapat dicapai jika ada spirit kewirausahaan yang kuat dari bangsanya. Negara maju pada umumnya memiliki wirausaha yang lebih banyak dibandingkan negara berkembang. Amerika Serikat misalnya memiliki wirausaha 11,5% dari total penduduknya. Sektor swasta selaku pelaku ekonomi di Amerika dapat menyumbang pendapatan nasional negara sebesar 10% pada tahun 1994. Singapura memiliki wirausaha sebanyak 7,2% dari total penduduknya. Maka wajar jika perkembangan ekonomi di Singapura jauh melesat melebihi negara-negara lain di ASEAN.
Indonesia adalah negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Sumber daya alam berupa hasil tambang, pertanian, perikanan, peternakan dan tanah yang sangat subur merupakan modal dan kekuatan tersendiri bagi bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang maju. Namun, dengan potensi tersebut, Indonesia hanya memiliki 0,81% wirausaha. Padahal secara historis dan konsesus, sebuah negara idealnya memiliki minimal 2% wirausaha agar bisa menjadi negara maju. Lebih ironi lagi, menurut data statistik BPS tahun 2010 jumlah penduduk miskin di Indonesia mencapai 31,02 juta atau sekitar 13,33% dari total penduduk Indonesia. Pada Maret 2009, 63,38% penduduk miskin tersebut berada di pedesaan yang sebagian besar mata pencahariannya adalah petani dan buruh tani, dan jumlahnya meningkat menjadi 64,23% pada Maret 2010. Ini menunjukkan bahwa persentase penduduk miskin di pedesaan tidak banyak berubah selama periode ini.
Fakta selanjutnya, Indonesia memiliki sumber daya manusia yang sangat besar, jumlahnya menempati urutan ke empat terbanyak di dunia, dimana 27% diantaranya adalah pemuda yang merupakan pelaku penting bagi tumbuh dan berkembangnya budaya inovasi dan kreatif. Pemuda memiliki peran strategis bagi pertumbuhan dan kemajuan bangsa Indonesia karena mereka memiliki produktivitas tinggi di masyarakat untuk berkarya, berkreasi dan berinovasi. Setiap tahun perguruan tinggi di Indonesia meluluskan mahasiswanya, yang berarti ribuan hasil riset yang dihasilkan oleh pemuda Indonesia. Ini juga merupakan potensi yang besar bagi bangasa Indonesia untuk menjadi bangsa yang maju.
Pengalaman di berbagai negara menunjukkan bahwa produktivitas suatu negara sangat ditentukan oleh kemampuan sumber daya manusia dalam mengelola potensi sumber daya alam yang dimilikinya. Maka untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di Indonesia, disamping usaha-usaha pemerintah yang telah dilakukan, diperlukan pula program-program rekayasa sosial dan implementasi teknologi dalam kerangka pemberdayaan masyarakat yang berorientasi pada pengentasan kemiskinan. Program ini dilaksanakan melalui program-program transfer teknologi untuk usaha kecil menengah serta penguatan institusi intermediasi dan diinisiasi oleh pemuda. Maka, menurut kajian penulis, menjadi seorang sosialteknopreneur merupakan sebuah peran strategis untuk berkontribusi meminimalisir angka kemisikinan di Indonesia. Kegiatan sosialteknopreneur yang dimaksud penulis adalah gerakan ekonomi kerakyatan guna meningkatkan pendapatan untuk menggerakan konsumsi domestik sekaligus meningkatkan ekspor non migas dari sektor agribisnis, khususnya di pedesaan. Hasil riset yang begitu banyak tentu tidak akan bernilai ekonomi jika tidak diadopsi dalam produk atau proses produksi. Oleh karena itu kegiatan sosialteknopreneur merupakan kegiatan yang komprehensip yang berperan dalam mengidentifikasi, menyediakan dana, menyiapkan teknologi, mendukung ide, dan menumbuhkan semangat masyarakat untuk berwirausaha dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam di masing-masing wilayah. Jika sosialpreneur bekerja untuk kepentingan orang lain setelah mendapatkan hasil, maka seorang sosialteknopreneur memproses secara bersama sejak ia memulai usahanya.
Kegiatan sosialteknopreneur dalam hal ini bukan sekedar ajang bagi-bagi modal usaha, namun merupakan sistem usaha yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan, dan terdesentralisasi. Berdaya saing berarti usaha yang dijalankan tidak sekedar mengandalkan kelimpahan sumber daya alam dan tenaga kerja, namun berorientasi pada pasar, produktivitas, pemanfaatan inovasi teknologi, dan kreativitas sumber daya manusia. Berkerakyatan dicirikan dengan pemanfaatan sumber daya alam yang dimiliki rakyat banyak dan menjadikan masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan usaha sehingga hasilnya dapat dinikmati bersama. Berkelanjutan dicirikan dengan kemampuan masyarakat untuk merespon perubahan pasar secara cepat dan efisien, berorientasi jangka panjang, dan pengembangan inovasi teknologi yang ramah lingkungan secara kontinyu. Sedangkan terdesentralisasi bercirikan pada pendayagunaan keragaman sumber daya lokal, berkembangnya kreativitas masyarakat, dan kerjasama yang harmonis dengan pemerintah daerah.
Kegiatan ini membutuhkan proses panjang untuk menampakkan hasil karena seorang sosialteknopreneur tidak sekedar berwirausaha dan transfer teknologi namun juga bergerak untuk melakukan perubahan sosial dalam lingkup yang lebih luas, yakni dalam hal budaya, pendidikan, politik, dan keagamaan. Disini dibutuhkan gagasan bagaimana seorang sosialteknopreneur mampu menggerakan masyarakat untuk melakukan perubahan. Maka seorang sosialteknopreneur idealnya harus memiliki jiwa kepemimpinan, tanggungjawab untuk terjun langsung di masyarakat, mampu memotivasi, memimpin secara langsung dengan segala resiko dan mampu melindungi kehidupan rakyat. 

source image: http://www.quickanddirtytips.com/education/writing/the-best-sat-essay-ever

144 komentar:

  1. assalamu'alaikum... mb tri, terima kasih tulisan mb sangat membantu saya untuk apply beasiswa LPDP.. Tapi ada yang mau saya tanyakan:
    1. saya sudah mendapatkan conditional letter dari salah satu universitas di australia untuk program coursework master of education. Apakah saya tetap perlu membuat research plan, mengingat saya mengambil program coursework bukan master by research??
    2. Apakah diperlukan wawasan atau pengetahuan khusus mengenai sesuatu ketika akan mengikuti seleksi PK??

    terimakasih sebelumnya mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam. disesuaikan dengan syarat dari LPDP aja. jika diminta research plan silahkan utk membuatnya.

      Delete
  2. Halo Mbak, aku mau nanya nih. Untuk essay lebih disarankan menggunakan bahasa Indonesia atau Inggris ya? Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sila dicek lagi di syaratnya aja apakah diharuskan memakai bahasa indonesia atau english. jika tdk disebutkan persyaratan bahasa sebaiknya pakai bhsa indonesia aja.

      Delete
  3. mbak, boleh minta kirimin contoh study plan punya mbak? rizza_umami@ymail.com
    terima kasih, mbak :)

    ReplyDelete
  4. Assalamu'alaikum mba tri salam kenal ya, sebelum mengutarakan pertanyaan saya berterima kasih dulu dengan blog dan tulisan mba tri huftt....benar2 sangat membantu buat kami para pencari/pemburu beasiswa postgraduate terutama untuk LN. Jazakillah ya mba tri sbelumnya.
    pertanyaan yg sya tanyakan adalah
    1. langkah kita itu untuk mendapatkan beasiswa lpdp itu pertama apa, mksdnya apakah kita mendapatkan LOA dari univ yg kita inginkan dulu apa apply di lpdp dahulu? karena di beberapa univ di uk minta kepastian dulu dana untuk nnti kuliah disana apakah byar sndiri atau ada sponshorships.
    2. jikalau kita sudah mendapatkan LOA tapi masih uncondontional offer (lom masukin nilai ielts) tapi sudah diterima, apakah lpdp mau terima?
    3. bisa dijelaskan secara detail ga mba langkah2 buat dpet beasiswa postgraduate via lpdp?
    untuk sementara ini dulu mba, maaf ya mba klo agak bnyak dan dasar sekali pertanyaan saya. syukron dan thanks a lot mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. pak teguh, apakah sudah ada balasan atas pertanyaan Bapak? bisa minta kirimkan ke email saya? amelia.frans@hotmail.com. trims. soalnya saya mengalami kesulitan yang sama degan bapak

      Delete
    2. mohon maaf pak teguh sudah sya reply berkali2 namun rupanya gagal terkirim. salam kenal kembali. semoga belum terlambat sya menjawabnya atau bermanfaat utk yg punya pertanyaan serupa.
      1. saya dulu daftar beasiswa dulu, setelah lolos baru daftar ke univ dan dapat LoA, sebaliknya juga bsa asalkan belum kuliah karena LPDP tidak menyediakan beasiswa on going.
      2. sertifikat bahasa adalah syarat wajib, jadi ada atau tidak ada LoA wajib dilampirkan.
      3. sudah sya share di artikel lain disini http://trihanifa.blogspot.com/2013/11/tips-lolos-seleksi-beasiswa-lpdp.html
      atau alurnya bisa juga dilihat di website resmi lpdp.

      Delete
    3. oh, ya mba maaf baru respons lagi, Alhamdulillah posisi aq sekrang sudah Dapet LOA walau masih conditional mba hanif, nah permasalahannya skrang nilai TOEFL saya masih jauh dibwah standar untuk kuliah di LN, apakah ada harapan lolos tidak mba? untuk yang lain insya Allah tidak ada maslah, mksdnya pede pede aja hehehe, nilai TOEFL/IELTS ini yang benar2 menyandera pikiran saya heheh lebay.com. mohon pencerahannya mba, sya dpet LOA nya dari Newcastle University (UK). oh ya sya minta tlong kirimin format2 dokumennya ga mba ? klo boleh bisa dikirim ke tp.purnomo@gmail.com , sya belum setahun lulus dari S-1 saya, dari UNJ. Thanks a Lot mba, Syukron.

      Delete
    4. mohon maaf baru balas lagi, teguh. saran saya dimantapkan dulu TOEFL/IELTS nya. LPDP ketat dalam seksi administrasi :).

      Delete
    5. Terimakasih buat share essaynya,,
      Sebelumnya sy mau bertanya: yg mana lbh baik, dpt dlu LoA ato beasiswax dlu??
      Makasih

      Delete
    6. Assalamualaikum Mbak Tri. Sebelumnya salam kenal saya Titim. saya mau tanya Mbak di persyaratan LPDP itu kan salah satunya harus punya LoA, kalau daftarnya sebelum kita diterima di universitas yang kita tuju berarti kan kita belum punya LoA, itu gimana Mbak? apa bisa menyusul atau gimana Mbak. Terima kasih.

      Delete
  5. makasi banyak mba atas sharing pengalamannya. saya lagi proses untuk apply beasiswa ini juga.. bole minta tolong kirimin study plannya mba? restisandytias@yahoo.com

    ReplyDelete
  6. amalia ridhayana11 August 2014 at 14:23

    Assalamualaikum... mbak tri, terima kasih banyak atas sharingnya, sangat membantu, saya rencana mau daftar jugambak, bisa minta tolong kirim study plan sama berkas beasiswa lainnya mbak?? Terima kasih banyak mbak, maaf merepotkan.
    amaliaridhayanaz@gmail.com

    ReplyDelete
  7. fitri lidya ningsih2 September 2014 at 21:30

    Assalamualaikum wr.wb. Mba saya fitri lidya ningsih, tulisan mba sangat membantu sekali. mba maaf boleh tidak jika saya meminta softcopy study plan punya mba,, karena saya kesulitan di perencanaan study plannya mba, ini email saya mba
    fitrilidya28@gmail.com. syukron katsiron mba,, jazakumullah :)

    ReplyDelete
  8. postingannya bagus bgt yaa mbak..., saya mau tanya, univ yg direkomendasikan itu mana aja ya mbak? saya dr jurusan kesehatan gimana dong mbak? trus persyaratan yg harus pernah memimpin organisasi itu bagaimana yaa? sama saya mau minta essay+ studen plan nya. kalau sampean berkenan tolong kirim ke japanalfa@gmail.com

    ReplyDelete
  9. assalamualaikum mbak....saya berencana daftar LPDP juga namun kendalanya nyusun essay dan rencana studinya...kalau dag memberatkan mbak minta tolong dikirimkan contoh essay dan rencana studi mbak ke sandyunm@gmail.com
    makasih banyak sebelumnya mbak.

    ReplyDelete
  10. menarik sekali mbak,saya juga berencana untuk apply beasiswa lpdp untuk tahun depan,,semoga bisa sukses juga seperti mbak..kalau berkenan,bolehkah saya meminta study plan dan essay yang mbak ajukan? ke zuldinfitrianto@yahoo.com, terima kasih banyak:)

    ReplyDelete
  11. jika berkenan, mohon berbagi ilmu nya mbak... semoga saya juga dapat merasakan kesempatan seperti mbak, boleh saya dikirimkan contoh essay dan study plan ke anisazwar@gmail.com
    Matur Nuwun .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak anis, sudah dapat contoh essay dan study plan'nya? Kalau sudah boleh sya minta? Tlong ya mbak, anis.mafi@gmail.com

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. assalamualaikum mbak tri... terima kasih atas tips nya sangat membantu sekali...
    saya masih bingung dengan study plan dan proposal penelitian nya mbak,,,
    mohon referensinya dari punya mbak... tolong kirimkan ke email saya ardi4u4ever@gmail.com

    ReplyDelete
  14. assalamualaikum, perkenalkan nama saya tari. saya bermaksud melamar beasiswa lpdp. jika mbk berkenan saya mau minta contoh berkas study plan, essay, dan rekomendasi ke alamat kuntaridasih@gmail.com, terima kasih.

    ReplyDelete
  15. teman2 yang bertanya tentang essay, contohnya itu ada di artikel di atas. tidak dibaca ya postingannya. sebelum komen mohon dibaca dulu lengkap artikelnya ya :). untuk tips pembuatan study plan sudah saya share di artikel sebelumnya

    http://trihanifa.blogspot.com/2013/11/tips-lolos-seleksi-beasiswa-lpdp.html

    ReplyDelete
  16. Terlalu panjang ga mbak ga efisien capek saya bacanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang namanya pejuang beasiswa bukannya memang harus capek mas supaya bisa mengejar impian? Mba-nya sudah berbaik hati mau sharing dan ngetik artikel panjang panjang, kalau kita cuma mbaca aja udah capek, kok rasanya kayak ga ada rasa terima kasih dan rasa syukurnya hehehe

      Delete
  17. ass... salam kenal.mba.saya baru mau ikut dan sudah daftar lpdp program beasiswa, surat pernyataan kita yang buat ? terus surat kelakuan baik sya buat di kepolisian apa bagaimana ? saya tinggal membuat essai sama melengkapi kelengkapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. surat pernyataannya sudah disediakan oleh lpdp kita tinggal ngisi identitas aja. itu sudah termasuk keterangan berkelakukan baik. formatnya ada di website lpdp.

      Delete
    2. Assalamu'alaikum Mbak Tri

      Sebelumnya saya haturkan syukran atas sharing infonya, sangat membantu sekali. Semoga menjadi jariyah u/ Mbak Tri.

      Oh ya Mbak Tri u/ surat pernyataan, surat izin atasan, dan surat rekomendasi yang sudah dilampirkan oleh LPDP di websitenya sebaiknya tinggal kita isi dengan tulis tangan atau semua dokumen kita ketik ulang?

      Mohon pencerahannya ya Mbak.

      Delete
  18. Asslm. Maaf menggangu mba, saya Yuda, saya sangat kagum dengan essay mba diatas. Kebetulan saya juga tertarik dengan beasiswa lpdp seperti mba, jika boleh untuk referensi saya boleh dikirimkan soft copy kelengkapan dokumen punya mba, tolong kirimkan ke email saya mba, rachmandaprimayuda@gmail.com. Atas waktu dan perhatian saya ucakan terima kasih mba. Wassalam.

    ReplyDelete
  19. AssalamuLaimum mb. Sy sukma.. tulisan mba sangatbagus dn sangat membantu kami semua para pemburu beasiswa.hehe.. mba sy juga mw dftar Beasiswa lpdp mba.klo mba gg kbratan sy mnta tlg mba kirimkan rencana study format mba... ke email sy mba:sukmaazzahrasabir94@gmail.com seblumnya trima kasih mba...

    ReplyDelete
  20. Assalamualaikum mba. Saya mau nyoba daftar di lpdp. Bolehkah saya minta contoh rencana study + suskes terbesar dalam hidupku yang punya mba.


    Butuh insipirasi dari mba. Mohon bantuanny ya mba.
    Doraandsinaga@gmail.com


    Salam hangat dari Medan.
    Jazakillah sebelumnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamu'alaikum mbak tri hanifa dan mas doraand
      oiya mas, saya juga lagi mau lanjut kuliah dan cari beasiswa, mas kalau boleh kirimin e emailku dong yang rencana study + suskes terbesar dalam hidupku >>> yopiyudhautama@gmail.com

      terima kasih, Wassalamu'alaikum

      Delete
  21. Assalamualaikum.wr.wb.
    sebelumnya terima kasih banyak mbak atas sharingnya di blog mbak ini, sangat membantu banget buat temen2 yang mau lanjut studi ke jenjang yang lebih tinggi...
    kalo berkenan saya boleh minta contoh essaynya mbak sebagai bahan referensi saya untuk buat essay juga, tolong dikirim ya mbak..

    > rahman.sipil@gmail.com

    terima kasih,wassalamu'alaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  22. Assalamu'alaikum Mba Tri, sy suka tulisan-tulisannya Mba. Mba sy blh minta tlg kirimkan contoh study plan waktu melamar dgn pihak LPDP? Tlg kirimkan ke wdirmansyah@yahoo.com ya Mba. Thanks in advance😊

    ReplyDelete
  23. Selamat sore mba tri
    Saya tertarik utk ikut beasiswa lpdp
    Kalau berkenan tolong kirimkan contoh study plan nya mba tri ke imuljoen@gmail.com

    ReplyDelete
  24. Assalamu'alaikum mb Tri, saya ingin ikut beasiswa Lpdp, kalau mb Tri berkenan Tolong kirimkan contoh study plan nya mb Tri ke milasuksesselalu@gmail.com

    ReplyDelete
  25. Assalamualaikum

    Dear Mb Tri
    Jika berkenan saya ingin minta kirimkan contoh refernsi untuk study plan dan contoh essay
    ke email: permatavita10@gmail.com

    Thanks

    ReplyDelete
  26. Assalamu'alaikum
    Subhanallah..terima kasih pencerahannya mba..sangat bermanfaat..
    Mba saya ikutan juga donk, jika berkenan sya dikirim study plan n dokumen beasiswa lain punya Mba Tri di mutingatuns@yahoo.co.id
    Terimakasih bgtt sudah berkenan doakan saya juga lolos seperti mMba Tri.. :)

    ReplyDelete
  27. assalamualikum mbsk tri

    maaf mbak, bisa dikirim contoh dokumen ma study plannya gk (baetulmakmur@gmail.com)
    saya baru mau mempelajarinya
    syukron mbak

    ReplyDelete
  28. Asslam..mba. sy juga minta datax..minta tlng alamat emailx. ini alamat email sy (Fitman_f@yahoo.com)

    ReplyDelete
  29. Aslmkm wr wbr.. salam kenal mb tri hanifawati, saya ismi sujastika. Setelah baca tulisan mb, saya jadi sangat bersemangat untuk lanjut kuliah lagi. Berhubung saya blm pernah membuat essay dan study plan.. saya mau mnta tlg mb buat kirim contoh pernak pernik perlengkapan mb tempo hari. Sblmnya syukron wa jazakillah khoirob katsir ya mb... :). Wslmkm wr.wbr.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mb, ini alamat email saya; fazasholih@gmail.com
      :)

      Delete
  30. Assalamu'alaikum.wr.wb.. mb tri hanifawati selamat atas beasiswa lpdp nya... saya tertarik untuk berdiskusi dg mbak melalui email.. bisa minta tolong sedikit merepotkan mbak dg mengirim contoh esay ke email saya?Email saya epa_rini@yahoo.co.id. terimakasih sebelumnya ya mbak..

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Assalamualaikum mbak, nama saya Hidayah. saya dapat link blog mbak dari salah seorang teman yang juga sedang berjuang bersama untuk mendapatkan beasiswa. artikel artikel mengenai beasiswa yang mbak tulis sangat informatif sekali. terutama tentang halal-haram LPDP yang juga membuat galau kemarin kemarin. namun setelah saya telusur, baca baca, diskusi sana sini alhamdulillah saya dapat pencerahan dan pada akhirnya tendensi saya mirip dengan apa yang mbak tulis. karena sudah mantap saya ublek ublek lagi blog mbak dan baca postingan yang ini (tentang essay).

    menyangkut tentang penulisan essay, mbak punya tips gak supaya essay yang nanti kita tulis bagus, padat jelas dan gak terlalu bertele tele? saya suka nulis dan baca, cuman masalahnya, ketika saya sudah mulai menulis, (kata dosen pembimbing saya dulu waktu skripsi) saya cenderung bertele tele dalam menulis karena terkadang saya suka menjabarkan hal hal yang sebenarnya tidak perlu (hehehe).

    nah adakah tips dari mbak gimana caranya untuk menulis essay lpdp agar essay kita nanti isinya efektif, efisien, berbobot dan to the point? hal hal apa saja yang menjadi poin penting yang harus ditonjolkan?

    jazakillah khiran katsiran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam. salam kenal mbak hidayah, mhn maaf atas keterlambatan responnya. terharu saya membaca komentarnya yang panjang sekali :D. saya tdk punya tips khusus untuk menulis mbak hanya saja sejak kecil saya memang suka nulis tapi temanya sederhana2 bukan essai. saat kuliah S1 saya mulai suka blogging sampai punya bbrap blog tapi akhirnya yg dpt dikelola dgn baik hanya yg ini :D. saya juga ikut komunitas dimana disana ada aktivitas membaca dan menulis tapi juga tulisannya ringan2, seperti artikel, resume buku, resume film. dari situ saya menyimpulkan bahwa untuk dapat menulis dengan baik kita harus membaca dengan baik dulu artinya kudu rajin baca dulu baru bisa nulis. agar tulisan efisien dengan berlatih sederhana dulu aja dengan menuliskan apa yang kita baca dengan bahasa kita sendiri. setelah itu mnta orang lain utk mengoreksi dan kita perbaiki kekurangannya. begitu ya mbak :).

      Delete
    2. Terima kasih Mba Tri buat sharingnya. Walaupun saya blum pernah bikin essay, tapi saya rajin menulis. Maklum, jurnalis. Hehe, baiknya bikin alur dulu Mba. Catat poin yg menurut kita penting. Nanti dri situ bisa ditelaah ulang, mana bagian yg paling utama, bagian yg seharusnya penting tapi belum diungkapkan, atau bagian tidak terlalu penting. Selamat membuat essay.
      Saya juga semangat. Bisamillah...

      Delete
    3. Mba sy minta dikirim via email dong contoh study plan. Ini email sy amadeamozaprila@gmail.com, syukron mba

      Delete
  33. Assalamualaykum wr.wb. Salam kenal mbak Hanifa... Setelah membaca postingan mbak yang inspiratif diatas, saya makin bersemangat untuk lanjut kuliah. Berhubung saya belum pernah membuat essay dan study plan, mohon bantuan mbak untuk mengirimkan contoh essay dan study plan tempo mbak mendaftar di LPDP. Ini email saya: anisafatimah111@gmail.com Atas kesediaan mbak saya ucapkan terimakasih. Jazakillah khairan katsir.

    ReplyDelete
  34. Mbak Tri yang terhormat,
    mohon bantuannya dan kesediannya untuk sharing contoh essay dan study plan yang anda gunakan di LPDP, sebagai referensi mbak.
    ini email saya: fineall20@gmail.com
    Maturnuwun sebelumnya. Salam..

    ReplyDelete
  35. assalamualaikum,
    saya ingin nanya dong mbak, apakah universitas membatasi jurusan apa saja yg bisa kita pilih?
    ataukah semua jurusan di universitas bisa kita pilih?
    saya ingin mengambil beasiswa afirmasi di UGM, cuma masih bingung jurusan apa saja yg telah diapprove oleh LPDP.
    terima kasih sebelumnya mbk ^^

    ReplyDelete
  36. assalamualaikum mba tri
    sebelumnya terimakasih karena telah share mengenai essay nya.
    ada beberapa hal yang ingin saya tanyaka, yaitu :

    1. Apakah saat mendaftar beasiswa LPDP, pendfatar harus sudah mendaftar di Universitas yang dituju ?

    2. Jika belum mendaftar, bagaimana untuk mengisi study plan?

    3. Jika sudah mendaftar dan dinyatakan lulus, bagaimana kalau beasiswa LPDP gagal? apakah bisa kita mengikuti program beasiswa lagi ?


    terima kasih atas perhatiannya mba...
    wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam wrwb.

      1. tidak harus mbak, mbak bisa daftar LPDP dulu baru daftar ke univ jk beasiswanya sdh lolos
      2. dlm study plan dijelaskan kampus yg akan dituju meski blm daftar, mbak hrs sdh punya rencana mau mendaftar kuliah di kampus apa, jurusan apa.
      3. kalau LPDP nya gagal mbak bisa apply beasiswa lain atau dftr LPDP lgi di periode berikutnya tapi dipastikan saat dftr LPDP lagi mbak blm mulai kuliah krna LPDP tdk membiayai mahasiswa on going

      Delete
  37. Assalamualaikum kka...
    Stelah baca cerita mba jadi makin greget pngen daftar, mskipun postnya udah 1 tahun lebih semoga berharap sma mba..hhe
    Kbtulan baru tahun ini saya ada rencana daftar beasiswa lpdp ini (soalnya baru llus s1) hhe, kira2 boleh minta contoh study plan n dokumen lain ga mba ?
    ini emailku futichasmuna@gmail.com
    Mkasih mba, semoga bisa sperti mba n bermanfaat untuk Indonesia.

    ReplyDelete
  38. Assalamu'alaikum mbak. Saya tertarik untuk apply beasiswa LPDP di periode ini. Saya boleh minta study plan dan essay mbak sebagai referensi? Ke email chairunn@gmail.com. terima kasih mbak. Jazakillah khairan katsir. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Afwan mbak emailnya yang benar ini chairunn60@gmail.com.
      sekali lagi maaf mbak dan terima kasih

      Delete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. Malem Mbakk.. Boleh gak sharing untuk buat essay nyaa? Sama boleh gak mbak dikirimin study plan nya mbak? Perlu arahan banget nih mbakk. Email saya amelia.sebayang@gmail.com

    ReplyDelete
  41. Mbak Tri yang terhormat,
    mohon bantuannya dan kesediannya untuk sharing contoh essay dan study plan yang anda gunakan di LPDP, sebagai referensi mbak.
    ini email saya: arumiagustin@gmail.com
    terima kasih sebelumnya. Salam..

    ReplyDelete
  42. Asswb
    Mbak Tri, mohon bantuannya sharing contoh essay dan kirim study plan yang anda gunakan di LPDP
    ni email saya nasifulhaq@gmail.com

    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga minta contohnya masNas mohon kirimke email sy ms EDI SULMAN DARI SUMBAWA : edy_buer@yahoo.com

      Delete
  43. Mbak..... mohon bantuin sharing cara, study plan n contoh esaynya k email ettycutez1@gmail.com

    ReplyDelete
  44. Assalamu'alaikum..salam kenal
    Mbak Tri, mohon bantuannya untuk sharing contoh essay dan study plan njenengan saat mengikuti seleksi LPDP
    mohon dikirmkan nggeh via email saya tinsubekti.zd@gmail.com

    Jazakillah ... :)

    ReplyDelete
  45. assalamu'alaikum mba..
    nama saya adli mba,mohon bantuannya mba,untuk contoh study plan dan essay sukses terbesar dalam hidupku..
    owh iya mba,surat rekomendasi itu wajib juga ya mba?
    mohon dikirim ke arhani85@gmail.com ya mba..
    terimakasih sebelumnya mba..

    ReplyDelete
  46. Salaam.. mau nanya nih, brp besaran living cost per bulan yg diberikan oleh bswa lpdp utk study S2 di negara2 tetangga spt Malaysia/Singapura? trims atas jawabannya.

    ReplyDelete
  47. assalamu alaikum
    mau nanya nih mbak
    apakah mendaftar beasiswa lpdp harus memiliki sertifikat toefl

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus memiliki sertifikat toefl dengan skor yang ditentukan LPDP

      Delete
    2. Kalau u beasiswa yg dalam negri misalnya iain/uin harus juga kah tidaknya mb...trims

      Delete
  48. assalamu'alaikum mbak...
    perkenalkan saya dwi. saya sedang mencoba untuk mendaftar lpdp. mohon bantuannya untuk sharing contoh study plan mbak saat mengikuti seleksi LPDP
    mohon dikirmkan via email ke alamat dhandayani577@gmail.com.

    oh ya, dari sekian bayak teman-teman disini, ada yang sedang mencoba daftar beasiswa lpdp jurusan akuntansi nggak ya? Saya butuh teman sharing.

    terimakasih.

    ReplyDelete
  49. mbak boleh minta contoh study plan..ini email saya
    reza_merdu@yahoo.com

    ReplyDelete
  50. Makasih mbak tri buat sharing contoh essaynya.saya juga lagi tertarik berburu beasiswa.mbak tri kalo tidak keberatan minta contoh study plannya dong mbak.email saya: saroso.so@gmail.com. makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  51. terimakasih mbak atas tulisan yang sangat menginspirasinyaa.. mbak boleh saya minta contoh study plan mba dan essay suskes terbesar mba? email saya: ms.nita@live.com
    thank you in advance ya mbaa :D

    ReplyDelete
  52. Terimaksih atas tulisannya yang sangat membantu Mbak... Salam kenal sebelumnya ya Mbak semoga saya juga bisa lulus nantinya seperti Mbak... Saya mahasiswa sem 6 dan berencana mendaftar beasiswa LPDP ini tahun depan jadi ingin mempersiapkan siri sedini mungkin, bisakah mbak mengirimkan contoh essay dan rencana studi mbak saat mendaftar ke email saya : ester.lamtiur@gmail.com
    Lalu apakah pendaftar yang memiliki LoA memiliki kemungkinan lulus lebih besar dibandingkan yang tidak memiliki LoA dan bagaimana dengan sertifikat TPA apakah diperlukan saat mendaftar nanti?? Terimakasih sebelumnya ya mbak..

    ReplyDelete
  53. Selamat siang mbak.mbak saya vike juga applicant untuk beasiswa lpdp.mbak saya sudah dapat LoA conditional offer dari salah satu univ di UK.namun mulai kuliah september tahun ini mbak.karena masalah dana saya pun ingin mndaftar di lpdp.mbak apakah mungkin saya bisa mendaftar beasiswa lpdp?mohon balasannya mbak.terima kasih.

    ReplyDelete
  54. Assalammu`alaikum
    saya Ami, salam kenal mbak ^_^

    saya mau nanya :

    !. Apa beda 'Rencana Studi' yang harus di-upload dengan yang harus di tulis di Essay?

    2. Saat seleksi wawancara, kan ada Leaderless Grup Discussion (LGD), dan On the Spot Essay, bagaimana contoh dgn On the Spot Essay ? apakah sama dgn Essay yg kita isikan di document ?

    Terima kasih :-)
    Writing.

    ReplyDelete
  55. Terimakasih sebelumnya curhatannya yanh sangat memotivasi mbak.tulisannya bagus banget.
    Mbak, tlong krimkan esainya ke danielsopians@gmail.com
    Kalau kita aply esai, minimal berapa kata mbak?

    Semoga sukses mbak

    ReplyDelete
  56. Assalamualakum mba, salam kenal. saya Tanti sedang mempersiapkan persyaratan LPDP untuk di submit periode July ini. yang membuat saya tidak Pede adalah salah satu persyaratannya yang menyebutkan bahwa berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan/ keilmuan sedangkan saya tidak mengikuti organisasi/ kegiatan sosial kemasyarakatan, apakah syarat tersebut sangat menentukan?terimakasih mba. mohon advice nya...

    ReplyDelete
  57. Semalat malam mba tri. Saya rosa, salam kenal ya mba :)
    Tulisan mba sangat memotivasi bgt, terima kasih ya mba.
    Mba, saya mau nanya :
    1. Saya sdh dpt unconditional loa, tapi nilai ielts nya masi di bwh persyaratan lpdp. Kmaren saya diberitahu tmn saya, klo sdh ada loa itu dpt menggantikan persyaratan nilai ielts. Apakah itu bnr mba?
    2. misalkan saya sudah mencoba apply beasiswa di gelombang 1, dan ternyata tdk lulus, apakah saya boleh mencoba untuk gelombang 2, 3, dan seterus nya? Apakah ada batasan untuk mencoba lagi?

    Terimakasih ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mbak rosa. menurut peraturan terbaru yg berlaku sejak april 2015 syarat toefl dan IPK berlaku jika belum punya unconditional LoA. jika belum lulus boleh mencoba lagi, tidak ada batasan untuk mencoba lagi. semangat ya :D

      Delete
  58. Asalamu'alkm Mb.tri tulisan anda luar biasa. Semoga sy bisa mnjadi awardee sprti Mb. Amin.. Oiya jika berkenan bolehkah sy mnta cntoh study plan maupun dokumen mb yg lain. Ini email sy mb efiyati05@gmail.com. trima ksh mb

    ReplyDelete
  59. Bismillah.. mba, saya karisdha mau minta ID salah satu sosmed mba, saya mau tanya2 tntng bea LPDP ini. Boleh? Kalau berkenan krm id sosmed mba k kpradityana07@yahoo.com. mksh mbaaa

    ReplyDelete
  60. assalamualaikum mba tri..
    tulisannya sangat membantu sekali..
    saya ingin bertanya..
    1. Apa itu study plan, dan apa gunanya?
    2. bisa saya minta gak mbak contoh dari study plannya..ini email emansuleman42@gmail.com
    3. untuk essay itu supaya menarik dibuat seperti apa yah mbak??

    terima kasih

    ReplyDelete
  61. Assalamu'alaikum, mba, salam kenal :)
    terimakasih banyak untuk informasinya sangat bermanfaat bg sy yg akan mendaftar beasiswa lpdp,
    mba kalau berkenan saya mau minta contoh essay dan rencana studinya, mohon dikirimkan ke laelyfarokhah@gmail.com
    terimakasih mba :)

    ReplyDelete
  62. Assalamualaykum wr.wb. Salam kenal mbak Hanifa... Setelah membaca postingan mbak yang inspiratif diatas, saya makin bersemangat untuk lanjut kuliah. Berhubung saya belum pernah membuat essay dan study plan, mohon bantuan mbak untuk mengirimkan contoh essay dan study plan tempo mbak mendaftar di LPDP. Ini email saya: desychem2009@gmail.com Atas kesediaan mbak saya ucapkan terimakasih. Jazakillah khairan katsir

    ReplyDelete
  63. Assalamualaikum mba Tri, saya Tia. Terimakasih ya atas Postingan2 mba yang sangat bermanfaat. Kalau boleh saya mohon bantuanya untuk mengirim contoh esay dan study plan ke email saya nestiahadefertina@gmail.com.
    Terimakasih banyak sebelumnya ya ;)

    ReplyDelete
  64. assalamualaikum..
    sebelumnya terimakasih atas post essay lpdp nya karena sangat bermanfaat bagi saya atau lain yg berencana untuk kuliah pstgraduate di LN. kalau berkenanan saya mohon bantuannya mengirim contoh essay, study plan serta rekomendasi ke alamat email saya amiraziz337@gmail.com

    ReplyDelete
  65. assalamualaikum..

    sebelumnya terimakasih atas post essay lpdp nya karena sangat bermanfaat bagi kita para pemburu beasiswa lpdp, kalau berkenanan saya jg mohon bantuannya mengirim contoh essay, study plan ke alamat email saya rahmatilahis@gmail.com

    Terima kasih banyak mbak

    ReplyDelete
  66. Mba sy tertarik sekali utk mengikuti beasiswa Lpdp. Mohon share ke email sy Essay dan study plan. Ini email sy amadeamozaprila@gmail.com

    ReplyDelete
  67. Assalamualaikum.. mba , terimakasih atas informasi yang sudah mba bagikan melalui blog ini . Informasi yang ada disini benar2 membantu saya dalam mempersiapkan diri meraih beasiswa. Kalau mba berkenan saya boleh minta essay dan study plan dari mba ? maaf mengganggu sebelumnya ade.haruma@gmail.com

    ReplyDelete
  68. Selamat malam mba, saya tertarik sekali untuk mengikuti beasiswa lpdp, dan sebelumnya saya berterimakasih atas post2 mba ttg lpdp.. Saya mohon bantuan mba, jikalau mba mau berkenan untuk mengirimkan contoh essay dan study plan ke email saya yulyanesya@yahoo.com
    Terima kasih mba

    ReplyDelete
  69. Wah mbak, terima kasih skali dengan postingannya ini. Sya benar2 tercerahkan dan makin greget pengen dftar lpdp. Kalo berkenan, sy jg mohon dikirimkan contoh study plannya buat referensi atau format2 formulir yg mesti diisi untuk apply lpdp ke asriani.amir17@gmail.com. Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  70. Siang mbak, bagus mbak postingannya, saya jadi tertarik untuk mengikuti beasiswa lpdp, Saya mohon dikirimkan contoh essay dan study plan ke email saya deahidaprabowo@gmail.com
    makasi yaaa mbak :)

    ReplyDelete
  71. Salam kenal mbak :).. saya ucapkan terimakasih sebelumnya karena mbak tri bersedia berbagi tips pembuatan essay untuk beasiswa LPDP. saya senang sekali bisa menemukan blog mbak ini dimana bisa memberikan sy pencerahan dalam mengurus syarat-syaratnya. jika mba tri berkenan bolehkah saya meminta contoh essay dan study plan milik mba tri sebagai bahan referensi saya.. ke email d.ayuparamita@yahoo.co.id terimakasih mbak :)

    ReplyDelete
  72. Assalamualaikum mb tri, syukron jaziilan atas postingannya yg sangat memotivasi, kalo mbak berkenan, sya bisa memnt contoh essay dan study plan, serta contoh2 lampiran pnting yg hrus dlengkapi saat mendaftr lpdp sbgai bahan refrensi ke email sya, nailyhidayah93@gmail.com. aitas kesediaanya sy ucpkn syukron jaziilan akhsanal jaza mba tri..

    ReplyDelete
  73. Mba tri apakah jika kita sudah lulus beasiswa lpdp berarti kita juga sudah d terima di univ tujuan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa begitu karena universitas punya sistem seleksi sendiri. lpdp dan univ dua lembaga yang berbeda. kamu diterima di universitas jika sudah menerima LoA dari univ.

      Delete
  74. Assalamualaikum mba tri, maaf sebelumnya boleh minta kirimi contoh study plannya mba tri? Soalnya saya tidak punha gambara gimana menukis study plan? Ke alifmuhammad70@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya mba :3

    ReplyDelete
  75. comment nya banyak yang gak mencerminkan pejuang beasiswa ya.
    bolak balik pada minta studyplan, tapi gak dibaca dgn seksama komen yg dari atas atas. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju sama crispy leaf :D

      Delete
    2. Assalamu'alaikum Wr. Wb.
      Mohon maaf sebelum.y Mba Tri. Saya ingin menanyakan mengenai hal "apabila sudah dinyatakan lolos dalam seleksi LPDP tapi ternyata dia tidak lolos ketika mendaftar di perguruan tinggi yang telah di cantumkan dalam persyaratan LPDP saat masih seleks" apakah beasiswa LPDP nya itu tidak dicabut kembali oleh pihak lembaga LPDP tersebut, Mba Tri Hanifawati?
      Terima Kasih.
      Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

      Delete
  76. Assalamualaikum mb, saya lintia ingin bertanya apa kah Loa hanya untuk yg kuliah di luar negeri ? Bagaimna dgn yg sudah mendapatkan Loa didalam negeri ? Apakah bisa ?

    ReplyDelete
  77. assalamu'alaikum mb, saya sedang mengajukan beasiswa lpdp juga mb...kalo berkenan boleh kirim contoh essay dan study plan mba tri untuk referensi saya ke imel kubota36@gmail.com...terima kasih mb..

    ReplyDelete
  78. Salam kenal Mbak Tri, saya mau daftar LPDP juga dan rencananya mau ambil d UGM. Jadi saya mau tanya pengalaman mbak waktu lulus beasiswa lpdp trus ngurus pendaftaran buat masuk Pasca UGM itu gimana ya mbak..? Ada ujian masuk atau seleksi dokumen aja mbak..?
    Mohon bantuannya ya mbak.
    Terima kasih sebelumnya. :)

    ReplyDelete
  79. Salam kenal mb tri
    mb boleh minta share untuk plan study dan berkas-berkas apa saja yang harus disiapkan sebelum kita mendaftar untuk beasiswa lpdp ini ya mb

    mohon dapat dikirimkan ya mb ke alamat email theresiarosiana89@gmail.com

    ReplyDelete
  80. assalamualaikum mba tri,
    salam kenal sebelumnya , saya juga ingin apply beasiswa lpdp kira-kira research plan dan berkas yang lain yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa tersebut apa saja ya mba?

    kalo boleh mohon dapat dikirimkan berkasnya ke e-mail layyiny@gmail.com
    terimakasih banyak mbak

    ReplyDelete
  81. Salam Kenal mbak,
    Maaf Sebelumnya, saya ingin beasiswa lpdp. Minta refrensi atau contoh plan study dan apa saja yang harus disiapkan sebelum mendaftar.

    Mohon dikirimkan ke alamat email roiz.muhammad@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  82. asslamualykum wr. wb.
    mbak tri, saya achmad syafii mahasiswa bidikmisi freshgraduate. saya ingin daftar beasiswa lpdp, dan alhmdulillah semua berkas persyaratan sudah terpenuhi.
    tapi, ada satu kendala di contoh tulisan rencana studi yang saya masih belum paham. mohon sekiranya mbak tri berkenan untuk share format contoh tulisan rencana studi jenengan di emai ini: syafiiery12@yahoo.co.id
    atas perhatiannya, saya mengucapkan banyak terimakasih, dan semoga ilmunnya bermanfaat dan barokah. amiiin...
    wlykumsalam wr. wb.

    ReplyDelete
  83. Thanks for sharing Mba Tri. Salam kenal.
    Saya nak tanyakan 1 hal. Ada syarat umum "aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan" dan itu harus dibuktikan dgn dokumen yg relevan. Adakah orang yg tdk aktif dlm sebuah ormas bisa lulus seleksi administrasi mba? Mohon jawabannya. Trma kasih sblmnya. Jazakillah khoiron.

    ReplyDelete
  84. Salam Kenal mbak,
    Maaf Sebelumnya, saya ingin ikut beasiswa lpdp juga. Minta refrensi atau contoh plan study dan apa saja yang harus disiapkan sebelum mendaftar.

    Mohon dikirimkan ke alamat email :
    mahmudneo88@gmail.com

    Terima kasih bnyak sebelumnya. :)

    ReplyDelete
  85. Banyak sekali pertanyaannya yg diulang2. Padahal dari komet atas sdah pernah dinawab Dan lengkap. Ini link untuk sample study plan mbak Tri. http://trihanifa.blogspot.com/2013/11/tips-lolos-seleksi-beasiswa-lpdp.html

    Thx, ya mbak infonya Dan shrering pngalaman nya. Dan semangat Buat semuanya. Brafooo....

    ReplyDelete
  86. Salam kenal mba, sya mau ty kalo kita tdk punya prestasi yg begitu cemerlang apa bs ikut n lolos lpdp mba, secara saya cuma guru smp, tapi sya imgin ikut unt melanjutkan program s3, misal saya mendaftar gelombang pertama jika persyaratan belom dilengkapi semua apa bisa melanjutkan ikut gelombang berikutnya (maksudnya tinggal melanjutkan) tdk perlu mendaftar ulang. Trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  87. Assalamu'alaikum, mba, salam kenal :)
    terimakasih banyak untuk informasinya sangat bermanfaat bg sy yg akan mendaftar beasiswa lpdp,
    mba kalau berkenan saya mau minta contoh essay dan rencana studinya...nhon dbls y mbak lwt email viedenz@ymail.com.trims.

    ReplyDelete
  88. assalamualaikum warahmatullah .. terimakasih atas infonya yang sangat berguna bagi saya mbak .. mohon bantuannya mbak .. karna saya juga sangat antusias terhadap beasiswa ini .. mohon kirimkan file dan contoh studi plannya kesaya lewat email saya babulkhoir21@gmail.com .. syukron ukhti

    ReplyDelete
  89. Assalamualaikum, Dear Mba Hanifa

    Terimakasih informasinya sangat membantu mba, saya mohon bantuannya mba lagi nih mba, mohon di e-mailkan ke alamat e-mail saya wildakartika92@yahoo.com mengenai contoh atau gambaran study plan dan file lain yang membantu, saya sangat tertarik untuk bergabung di beasiswa LPDP ini,

    Jazakumullah

    ReplyDelete
  90. Assalamualaikum, Dear Kak Hanifa

    Terimakasih informasinya sangat membantu kak, saya mohon bantuannya Kak, mohon di e-mailkan ke alamat e-mail saya adebrianmustafa@gmail.com mengenai contoh atau gambaran study plan dan file lain yang membantu, saya sangat tertarik untuk bergabung di beasiswa LPDP ini. Mohon bantuannya kak. Terimakasih sebelumnya

    Jazakumullah

    ReplyDelete
  91. Assalamualaikum wr wb, minta tolong mba contoh essay sukses terbesar dalam hidupku dan peranku untuk indonesia, mohon kitim ke astrinurse@yahoo.com jazakumullahu khairan, Wassalamualaikum wr wb

    ReplyDelete
  92. Assalamualaikum wr wb, minta tolong mba contoh essay sukses terbesar dalam hidupku dan peranku untuk indonesia, mohon kitim ke astrinurse@yahoo.com jazakumullahu khairan, Wassalamualaikum wr wb

    ReplyDelete
  93. Assalamu'alaikum
    Mbak, saya juga minta bantuannya dong, kirim essay "sukses terbesar dalam hidupku" dan "peranku untuk indonesia"...
    ke ss.santuso@gmail.com
    Saya berharap banyak kepada mbaknya
    Terima kasih

    ReplyDelete
  94. Asslm. Membantu sekali tulisan mba, jadi tertarik dengan dokumen lengkap punya mba Tri. Umam, udah baca blog ini dan blog yg tips sukses LPDP. Mantap... Jika bekenan tolong email dokumen lengkapnya jg ya ke umaminasrul@gmail.com Makasih

    ReplyDelete
  95. Assalamualaikum,

    Mbak Hanifa, bagaimana jika LoA sudah kita dapat kemudian kurang dr 6 bln sudah harus mengikuti perkuliahan. Apakah masih diperkenankan mendaftar LPDP? Jadi, kita pake uang pribadi dulu sebelum uang dr LPDP turun.

    ReplyDelete
  96. Asslmualaikum, sblmnya terimakasih atas infonya yang sangat berguna bagi saya mbak,,, mohon bantuannya mbak, karna saya juga sangat antusias dgn beasiswa ini... mohon kirimkan file dan contoh studi plannya kesaya lewat email saya april_diah15@yahoo.com

    ReplyDelete
  97. Bolehkah mbak menuliskan sub tema dari esay ini?

    ReplyDelete
  98. mantab, semoga semuanya sukses, apapun profesi kita, agamalah yang paling utama. amin

    ReplyDelete
  99. Terimakasih ya sudah share, ini jadi tambahan referensi saya

    ReplyDelete
  100. MBA tri.
    Saya juga berminat mb. Mau minta studi plan sama contoh essaynya mb.
    Bisa dikirim ke zika.satu@gmail.com

    Saya berminat apply juga beasiswa lpdp

    ReplyDelete
  101. Assalamualaikum, mbak tri.
    Terima kasih sudah mau berbagi pengalamannya, semoga dibalas oleh Tuhan dengan dimudahkannya semua urusan mbak.
    Saya juga sedang menempuh sarjana sains terapan, awalnya saya sangat pesimis karena (sepanjang yang saya tahu) S.ST sangat dibedakan sekali dalam hal beasiswa. Tapi setelah lihat postingan2 panjenengan saya sedikit mendapat harapan tentang kelanjutan studi saya.
    Terima kasih, mbak.
    Kalau panjenengan berkenan, boleh saya minta file essay nya mbak? ahmadsyafeiyusuf@gmail.com

    Sekali lagi, terima kasih banyak mbak.

    ReplyDelete
  102. trima ksih ilmunya,,,, sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  103. Assalamualaikum mba, terimakasih sekali loh contoh essaynya bermanfaat sekali. Kalau boleh saya mau minta di kirim email study plan nya mba ke diannursyamsiah@gmail.com hehe saya masih bingung soalnya cara buat study plan

    ReplyDelete
  104. Assalamualaikum mba, terimakasih sekali loh contoh essaynya bermanfaat sekali. Kalau boleh saya mau minta di kirim email study plan nya mba ke diannursyamsiah@gmail.com hehe saya masih bingung soalnya cara buat study plan

    ReplyDelete
  105. Assalamu'alaikum mbak.. terima kasih atas contoh essay nya mbak, sangat membantu.... Bolehkah sy minta dikirim email tentang study plan sma file essay nya mbak. Ke rezzarijkiadiputra@gmail.com .. supaya bisa mempersiapkan study plan yg baik dan benar :). Masih bingung :( hihi

    ReplyDelete
  106. Assalamu'alaikum mbak.. terima kasih atas contoh essay nya mbak, sangat membantu.... Bolehkah sy minta dikirim email tentang study plan sma file essay nya mbak. Ke rezzarijkiadiputra@gmail.com .. supaya bisa mempersiapkan study plan yg baik dan benar :). Masih bingung :( hihi

    ReplyDelete
  107. Assalamu Alaikum,Mulai dari atas saya banyak memperhatikan keluhan dan pertanya2an yg berulang dari teman2 soal essay dan rencana studi mbak dan mbak banyak memberikan jawabn mengenai pertanyaan yg dimunculkan dan saya ucapakan banyak terima Kasih atas sharing essainyaa semoga ini menjadi jalan bagi saya dan temn2 yg scholarship hunter untuk bisa mengikuti jejak embak.sukses terus Mbak
    semoga ilmunya Bermanfaan,bagi.keluarga dan tentunya bagi bangsa Indonesia

    ReplyDelete
  108. Just share. Bagi pemburu beasiswa, ada beberapa beasiswa yang mungkin bisa di apply:
    1. Chevening awards (UK)
    2. Fulbright dari AMINEF (US)
    3. Australia Awards, Endeavour (AU)
    Nominal beasiswa paling gedhe dari Endeavour. Bisa mencapai 1,4 Milyar utk Master. Dan 2,7 Milyar untuk Doktoral.

    ReplyDelete
  109. Assalamu'alaikum mbak, saya sudah mengisi form profile namun, terdapat form untuk mengupload surat pernyataan diterima di universitas, bukankah dengan lulus lpdp ini baru kita resmi diterima di univ bersangkutan tersebut? Dan bisa kirim contoh study plannya mbak adliafajrina221294@gmail.com terimakasih

    ReplyDelete
  110. Senang sekali membacanya, walaupun baru masuk semester 5 dengan IPK biasa dan bahasa inggris yg masih kurang, tapi saya sangat termotivasi. Harusnya semua awardee seperti mbak Tri, share pengalaman bahkan jawab pertanyaan dengan jelas. Terimakasih mbak, ijin share di grup kelas :)

    ReplyDelete
  111. Senang sekali membacanya, walaupun baru masuk semester 5 dengan IPK biasa dan bahasa inggris yg masih kurang, tapi saya sangat termotivasi. Harusnya semua awardee seperti mbak Tri, share pengalaman bahkan jawab pertanyaan dengan jelas. Terimakasih mbak, ijin share di grup kelas :)

    ReplyDelete
  112. Assalamualaikum mba hanif, sya juga lagi mencari cari info tentang beasiswa lpdp, yang masih saya bingung untuk mendapatka LoA itu bagaimana yah terimakasih ya mba

    ReplyDelete
  113. Assalammualaikum mbak.. Terimakasih atas infonya ini sangat berguna buat saya.. Saya antusias sekali dengan beasiswa ini.. Mohon bantuannya mbak untuk mengirimkan file dan contoh studi plannya mbak.. Ke email saya.. Luluh.Fadli@gmail.com. Terimakasih sebelumnya.. Mbak.. Semoga allah membalas kebaikan mbak..

    ReplyDelete
  114. hallo mbak. trimkasih banyak yaa mbak buat essaynya sangat membantu, saya juga sekarang sedang mendaftar buat beasiswa lpdp mbak. cuman memang banyak hal yang masih saya bingungkan mbak. boleh minta bantuannya mbak. saya boleh minta tolong bantuannya mbak untuk mengirimkan file dan contoh studi plannya mbak. dan syarat apa saja yang dibutuhkan mbak. ini alamat email saya mbak reilely_enda05@yahoo.com. terimakasih sebelumnya yaa mbak. maaf sudah merepotkan mbak. semoga Allah membalas semua kebaikan mbak. dan memberkati mbak dan keluarga ...

    ReplyDelete
  115. Bagaimana cara atau kiat jitu menjual kaos Dakwah, yuk kita simak tulisan ini: Kiat Jitu Merintis Pabrik Kaos Dakwah

    Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
    Fashion

    ReplyDelete

Popular Posts

 
Support : facebook | twitter | a-DHA White Series
Copyright © 2013. Moving Forward - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger